Pengertian Instalasi Listrik

Senang bisa jumpa lagi sahabat, hari ini saya ingin berbagi info tentang dunia kelistrikan. Info ini mungkin berguna bagi teman-teman mahasiswa teknik elektro khususnya program studi teknik listrik yakni tentang definisi atau pengertian Instalasi Listrik

Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Menurut saya ini penting dipahami bukan hanya sekedar untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen anda, namun lebih dari itu agar kita bisa tahu betul seperti apa Instalasi Listrik itu tentunya dimulai dari definisi atau pengertian Instalasi Listrik itu sendiri.  


Instalasi listrik adalah suatu bagian penting dalam sebuah bangunan gedung yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari instalasi pengusaha ketenagalistrikan ke titik-titik beban. Menurut Sugandi, I dkk., (2001) “pada hakekatnya instalasi listrik bangunan merupakan penyalur energi listrik…, jadi berfungsi sebagai penghantar”. 

Penyaluran tenaga listrik harus sesuai dengan peraturan yang telah distandarisasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dengan menerbitkan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) sebagai panduan umum (rujukan) instalasi listrik. 


Seperti yang dijelaskan pada PUIL 2000 (1.1), adapun maksud dan tujuan Persyaratan Umum Instalasi Listrik ialah agar pengusahaan instalasi listrik terselenggara dengan baik, untuk menjamin keselamatan manusia dari bahaya kejut listrik, keamanan instalasi listrik berserta perlengkapannya, kemanan gedung serta isinya dari kebakaran akibat listrik, dan perlindungan lingkungan. 

“Pihak-pihak yang terkait dengan instalasi listrik seperti pemilik, perencana, kontraktor, pengawas, produsen perlengkapan, pengawas keselamatan kerja, pengawas bangunan, penguji, penghuni, operator (jika ada), pemadam kebakaran, asuransi, harus diperhatikan kepentingannya” (Sugandi, I dkk., 2001: 4). 

Demikian informasi  tentang definisi atau pengertian Instalasi Listrik semoga bermanfaat ! [BT]

4 Komentar untuk "Pengertian Instalasi Listrik"

  1. trimakasih buat artikelnya,,
    sangat menarik buat di baca,,
    salam sukses gan,,.

    BalasHapus
  2. "instalasi pengusaha ketenagalistrikan" maksudnya apa? PLN kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul jawabannya. Di Indonesia perusahaan listrik di dominasi PLN sebagai BUMN, tapi banyak juga perusahaan2 swasta seperti : PT. PEC (Paiton Energy Company), PT. Jawa Power, PT. Energi Sengkang, dll

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...