Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya

jenis pelapukan fisika

Dear sahabat BT, Om BT pernah sharing terkait dengan materi PELAPUKAN FISIKA. Pada kesempatan ini Om BT akan kembali sharing tentang Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya. Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa pelapukan fisika bisa terjadi karena adanya pengaruh beberapa faktor dari alam. 

Kondisi ini membuktikan bahwasannya pelapukan fisika dapat terjadi karena adanya berbagai macam sebab. Secara umum, penyebab terjadinya pelapukan fisika ini adalah karena perbedaan suhu udara, pembekuan air, mengkristalnya air garam, dan juga tekanan tinggi. Sebab-sebabnyapun telah kita bahas pada postingan sebelumnya pada judul Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya ?.

Adapaun jenis-jenis pelapukan fisika antara lain :

[1] Stress Release

Jenis pelapukan fisika yang pertama dinamakan stress release. Stress release merupakan nama yang menggambarkan sebuah proses. Proses yang dimaksud adalah batuan yang muncul ke permukaan Bumi akan melepaskan stress dan menghasilkan kekar atau retakan yang sejajar permukaan topografi. Retakan- retakan itu membagi batuan menjadi lapisan- lapisan atau lembaran (sheet) yang sejajar dengan permukaan topografi. Ketebalan dari lapisan hasil proses sheeting  ini semakin tebal menjauhi dari permukaan. Proses pelapukan seperti ini biasanya terjadi pada batuan beku terobosan yang keberadaannya dekat dengan permukaan Bumi.

[2] Salt Weathering

Salt weathering merupakan peristiwa pertumbuhan kristal pada batuan. Pertumbuhan kristal pada batuan di bagian pori- porinya pada akhirnya akan menimbulkan tekanan tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan atau kepecahan pada batuan tersebut.

[3] Frost Action and Hydro- Fracturing

Air atau jenis larutan apapun yang tersimpan di dalam pori dan pada retakan batuan akan meningkatkan volumenya sebesar 9% ketika membaku. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tekanan yang cukup kuat untuk memecahkan batuan yang ditempatinya tersebut. Proses frost action and hydro- frracturing ini tergantung pada:
  • Keberadaan pori dan retakan dalam batuan
  • Keberadaan air/ cairan di dalam pori
  • Temperatur yang turun dan naik dalam jangka waktu tertentu

[4] Insulation Weathering

Insulation weathering terjadi akibat adanya pemanasan dan pendinginan permukaan karena pengaruh matahari. Pelapukan seperti ini akan mempunyai pengaruh besar di daerah yang mengalami perbedaan suhu cukup besar.

[5] Alternate Wetting and Drying

Alternate wetting and drying adalah pengaruh penyerapan dan pengeringan dengan cepat.

Itulah beberapa jenis dari pelapukan fisika. Kita telah mengetahui bersama bahwasannya pelapukan fisika terdiri dari lima jenis. Dan apabila kita perhatikan bahwa jenis dari pelapukan fisika ini mempunyai banyak kemiripan dengan penyebab terjadinya pelapukan fisika itu sendiri.

Itulah beberapa informasi mengenai pelapukan fisika. Pelapukan fisika ini merupakan jenis pelapukan yang berbeda dengan jenis pelapukan yang lainnya. Meski sama- sama pelapukan yang terjadi pada batuan, namun penyebab masing- masing pelapukan berbeda- beda.

Demikianlah bahasan Om BT tentang Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya yang dinukil dari situs Ilmu Geografi, semoga bermanfaat!. [BT]

Belum ada Komentar untuk "Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...