Tips Menjaga AC Mobil Agar Tetap Dingin

menjaga ac mobil tetap dingin

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa dan ngepost lagi hehehe. Hari ini Om BT bakal sharing tentang TIPS MENJAGA AC MOBIL AGAR TETAP DINGIN. Indonesia adalah negara tropis yang hanya mengenal 2 musim, yakni musim hujan dan musim panas. Saat musim panas, apalagi musim panas yang bekepanjangan kebutuhan akan AC sangat diperlukan. Tidak terkecuali pada kendaraan (mobil) kita. Bayangkan jika kita terperangkap macet berjam-jam di tengah terik matahari tanpa AC, kan bisa jadi ribet jadinya.

Nah, yang menjadi masalah klasik adalah pendingin mobil (AC Mobil) berfungsi, tapi tidak berfungsi dengan baik alias tidak dingin. Ini kadang menjadi keluhan tersediri bagi para pengguna mobil. Nah, Om BT hari ini akan berbagi TIPS MENJAGA AC MOBIL AGAR TETAP DINGIN.

Berikut ini tipsnya :

  1. Menjaga tekanan di pendingin AC dengan cara menjalankan AC ke posisi paling dingin dan kecepatan 'fan' paling kencang. "Lakukan minimal sebulan sekali selama 10 menit". Hal ini bisa mencegah selang-selang mengeras dan seal menjadi rusak.
  2. Menjaga kebersihan mobil agar kualitas AC tetap dingin, sebab kabin yang jarang dibersihkan membuat debu dan kotoran lainnya menumpuk pada permukaan ventilasi AC, sehingga tidak berfungsi optimal dan udara yang dihasilkan kurang dingin. 
  3. Hindari kebiasaan merokok saat AC berfungsi karena asap dari rokok yang dinyalakan akan terhisap ke dalam 'blower' dan menempel pada evaporator, sehingga bisa kotor dan dapat menganggu kinerja AC. 
  4. Jangan taruh pengharum mobil dekat AC. Zat kimia yang terkandung dalam pengharum bisa mengendap dan menjadi sarang debu atau jamur dalam evaporator. Kandungan kimia yang tinggi berpotensi membuat AC meghembuskan bau tidak sedap dalam jangka panjang.
  5.  Lanjut dia, ketika sedang berpergian di area pegunungan, terkadang kaca jendela mobil dibuka untuk merasakan segarnya udara. Namun jangan pernah menyalakan AC saat membuka jendela mobil.
Demikian postingan Om BT tentang  TIPS MENJAGA AC MOBIL AGAR TETAP DINGIN semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki kendaraan mobil. Salam. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga AC Mobil Agar Tetap Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...