Mengenal Programable Logic Controllers (PLC) MODICON M580

plc
Gambar PLC Modicon M580
Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang Programmable Logic Control (PLC) MODICON M580. 

Sebelumnya om BT sudah pernah membahas sedikit terkait dengan Apa itu Programmable Logic Control (PLC).

Nah kali ini kita akan membahas jenis lain dari PLC itu sendiri, yakni PLC Modicon M580.

Tingkat kemajuan moderniasasi saat ini tentu dapat kita  lihat berkembang dengan sangat pesat, tak terkecuali di dunia industri. Semua ini berawal dari Revolusi Industri yang terjadi di Eropa puluhan tahun silam, dan manusia pada kenyataanya selalu mencari sesuatu yang bisa memudahkan segala urusan mereka. Agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah.

Sekilas Tentang PLC, Apa Itu PLC ?

Programmable Logic Controllers (PLC) adalah komputer elektronik yang mudah digunakan (user friendly) yang memiliki fungsi kendali untuk berbagai tipe dan tingkat kesulitan yang beraneka ragam. Definisi Programmable Logic Controller menurut Capiel (1982) adalah sistem elektronik yang beroperasi secara digital dan didesain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O digital maupun analog.

Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut :
  1. Programmable, menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.
  2. Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
  3. Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.  
Lalu, Apa itu PLC MODICON M580 ?

PLC MODICON M580 adalah merupakan proses automation controller yang mempunyai 3 fitur dalam tekhnologi automation , diantaranya 

1. Ethernet Back Bone

Fitur ethernet back bone ini adalah semua komunikasi termasuk bus backplane dikelola pada ethernet terbuka backbone dari jaringan kontrol (SCADA, DCS) seperti jaringan lapangan melalui I/O jarak jauh atau terdistribusi. 

Pemrosesan ethernet dikelola langsung oleh pengontrol yang memiliki pemrosesan ethernet dibangun ke initnya.

Semua modul seperti remote I/O, distributed I/O terhubung secara langsung ke Modicon M580 melalui ethernet.

2.  IT Integration

Dalam fitur ini, Modicon M580 menyediakan sebuah modul yang kompetible dengan M580 dan bisa ditaruh dalam 1 backplane yang menjadikan lebih efisien dan ringkas.

Modul IT Integration itu sendiri meliputi gateway, router, wifi langsung berupa modul; yang terhubung langsung dengan M580 blackplane tanpa memerlukan konfigurasi tambahan karena bisa dikonfigurasi langsung dari modul M580.

3. Embedded Cyber Security

Untuk mengatasi masalah keamanan dunia maya saat ini, keamanan dibuat untuk setiap masalah M580 yang menyediakan sistem terbuka, namun sepenuhnya aman. 

Dalam fitur ini membantu memastikan sistem dapat dilindungi. 

Pada modul CPU dari M580, ini merupakan proses identifikasi dan autorisasi yang digunakan, sehingga hanya orang orang tertentu saja yang bisa menggunakan langsung ke modul M580, hal ini tentu membuat sistem bisa lebih aman, sehingga memastikan sistem bisa dilindungi dari serangan Cyber.
Demikian sedikit pengenalan tentang PLC  (Programmable Logic Control) MODICON M580. Semoga bermanfaat. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Programable Logic Controllers (PLC) MODICON M580"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...