Mengenal Generator Set (genset)

Senang bisa jumpa lagi sahabat BT, semoga hari ini sahabat dalam kondisi sehat, sejahtera dan gembira. Hari ini saya ingin berbagi tentang sesuatu hal yang sebagai besar dari kita mungkin sudah pada tahu yakni Generator Set (genset). Namun tidak ada salahnya saya kembali membahas secara singkat, kemungkinan bisa berguna baagi adik-adik dijenjang sekolahan untuk tahu atau mengenal barang yang satu ini.

Contoh Genset
Genset atau generator set adalah sebuah perangkat yang berfungsi   menghasilkan   daya   listrik. Disebut   sebagai   generator   set   dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit listrik. Generator adalah sumber tegangan listrik yang diperoleh melalui perubahan energi mekanik menjadi energi listrik. Generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul ggl induksi.

Genset berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dalam bangunan -bangunan yang besar dan bersifat sebagai pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan bahan minyak diesel dalam skala kecil. Fungsi generator adalah sebagai pengganti sementara (emergency) untuk mendapatkan tenaga aliran listrik ketika PLN mengalami pemadaman. 


Besar kecilnya mesin generator disesuaikan dengan kebutuhan beban. Mesin generator memerlukan alat pembakar yaitu minyak diesel yang harus dapat disimpan didalam ruang generator dan diluar ruang generator. Perputaran mesin yang dihasilkan daya listrik tidak dapat stabil, sehingga perlu adanya alat pengatur tegangan/stabilisator. Selain itu perlu adanya alat tambahan untuk menghidupkan secara otomatis jika aliran PLN padam.

Atap ruangan sebaiknya tertutup rapat, paling baik dengan atap beton. Dinding dibuat dari tembok rangkap dan jika perlu diberi alat peredam suara, semuanya berfungsi mengurangi suara bising. Pondasi generator dibuat terpisah dengan pondasi bangunan dengan cara diberi lapisan ijuk dan pasir. Udara didalam ruang generator akan menjadi panas akibat dari mesin generator maka perlu ditambahkan ventilasi atau diberi bantuan alat exhaust untuk mengalirkan udara ke dalam ruang tersebut.

Demikian postingan saya tentang Mengenal Generator Set (genset), semoga bermanfaat ! [BT]

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Generator Set (genset)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...