Pentingnya Pentanahan/Pembumian (grounding) pada Instalasi Listrik

Dear sahabat BlogTeknisi, hari ini saya ingin berbagi tentang Pentingnya Pentanahan/Pembumian (grounding) pada Instalasi Listrik. Terkadang sebagai seorang instalatir listrik persoalan ini diabaikan, padahal dalam instalasi listrik hal ini adalah salah satu yang tidak kalah pentingnya. Berikut pembahasannya semoga bisa bermanfaat : 


Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Sistem Pentanahan

Arus bocor bumi dapat disebabkan oleh karena terjadinya kegagalan isolasi listrik dari jaringan listrik atau peralatan atau dapat juga disebabkan oleh tersentuhnya bagian bertegangan rangkaian atau peralatan listrik.

Tersentuhnya bagian bertegangan bisa terjadi akibat sentuhan langsung (direct contact) atau sentuhan tidak langsung (indirect contact). Kontak langsung (direct contact) adalah tersentuhnya bagian bertegangan dari peralatan listrik. Kontak tidak langsung (indirect contact) adalah tersentuhnya bagian konduktor yang dengan tidak disengaja menjadi bertegangan sebagai akibat kegagalan isolasi.

Besarnya arus bocor bumi, resiko yang bisa ditimbulkan dan jenis proteksi yang dibutuhkan sangat tergantung sekali kepada sistem pembumian (grounding system) dari instalasi listrik. Ada 3 jenis sistem pembumian antara lain: 
  1. Sistem pembumian TT: Titik bintang (netral) dari trafo sumber dihubungkan ke bumi, dan frame dari peralatan atau beban dihubungkan ke bumi,
  2. sistem pembumian TN: Titik bintang dari trafo dihubungkan ke bumi, dan frame dari peralatan dihubungkan ke kawat netral, dan
  3. sistem pembumian IT: Titik bintang atau netral dari trafo sumber tidak dibumikan (diisolasi) dengan bumi, sedangkan frame dari peralatan listrik dihubungkan ke bumi.

Pemilihan Kawat Pentanahan

Untuk pemilihan luas penampang dari kawat pentanahan (grounding) kita dapat merujuk pada PUIL 2000 (3.16-1). Luas penampang kabel proteksi tidak boleh kurang dari nilai yang tercantum pada tabel berikut ini :


Jika penerapan tabel di atas menghasilkan ukuran yang tidak standar, maka dipergunakan kabel yang mempunyai luas penampang standar terdekat.

Demikian postingan saya tentang Pentingnya Pentanahan/Pembumian (grounding) pada Instalasi Listrik, sekali lagi semoga bermanfaat ! [BT]

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pentanahan/Pembumian (grounding) pada Instalasi Listrik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...