Pengukuran Suhu: Konversi (Rumus) Fahrenheit Ke Celcius

Penjelasan Rumus Fahrenheit Ke Celcius


Suhu merupakan satuan besaran pokok dalam fisika yang digunakan untuk mengukur derajat panas dinginnya suatu benda. Kurang lebih ada empat macam skala suhu. Diantaranya skala celcius, Fahrenheit, Reamur dan Kelvin. Khusus diartikel ini, Om BT akan jelaskan seputar Fahrenheit dan celcius. Spesifiknya, bagaimana Konversi (Rumus) Fahrenheit ke Celcius


Skala suhu Fahrenheit ditemukan oleh ilmuan asal Jerman bernama Gabriel Fahrenheit sedang Skala suhu celcius ditemukan oleh seorang sarjana berasal dari swedia yang bernama Andreas Celcius. Meskipun sama-sama satuan suhu, antara Fahrenheit dan Celcius berasal dari sistem perhitungan yang berbeda. Fahrenheit salah satu bagian dari sistem perhitungan imperial yang hingga detik ini masih digunakan oleh negara adikuasa seperti Amerika Serikat. Adapun celcius merupakan sistem perhitungan matriks.

Celcius dan Fahrenheit juga memiliki perbedaan dalam masalah titik didih dan titik beku perhatikan tabel di bawah ini.
Rumus Fahrenheit Ke Celcius
Berdasarkan tabel di atas titik beku sampai titik didih untuk skala Celcius adalah 0°-100° sedangkan Fahrenheit 32°-212°. Ini berarti, pada kisaran 180°F sama dengan 100°C. Dengan kata lain perbandingan antara Fahrenheit dan Celcius (F : C = 9:5). Berlaku sebaliknya, (C : F = 5 : 9).

Selanjutnya, bagaimana mengkonversi suhu dari Fahrenheit ke celcius? Tenang, perhitungannya gak sulit-sulit amat, kok, Hehe. Untuk melakukan konversi dari Fahrenheit ke celcius, kalian bisa gunakan salah satu Rumus Fahrenheit ke Celcius di bawah ini :
Contoh:

1. Suatu zat cair diukur suhunya menggunakan termometer Fahrenheit. Diperoleh angka 122°F Berapakah suhu zat cair tersebut jika diukur suhunya menggunakan termometer celcius?

Jawab:

C = 5/9 ×(F-32)
C = 5/9 ×(122-32)
C = 5/9 ×(90)
C = 50°C  

2. Sewaktu musim dingin terdapat laporan cuaca dari Inggris. Suhu udara saat itu mencapai 5°F. Berapakah suhu di Inggris jika menggunakan termometer Celcius?

Jawab:

C = 5/9 ×(F-32)
C = 5/9 ×(5-32)
C = 5/9 ×(27)
C = 15°C  

3. Suhu suatu benda 131°F. Bila diukur dengan skala celcius, berapakah nilainya?  

Jawab:

C = 5/9 ×(F-32)
C = 5/9 ×(131-32)
C = 5/9 ×(99)
C = 55°C  

Demikian postingan Om BT tentang Pengukuran Suhu: Konversi (Rumus) Fahrenheit Ke Celcius. Semoga bermanfaat! [bt]

Belum ada Komentar untuk "Pengukuran Suhu: Konversi (Rumus) Fahrenheit Ke Celcius "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...