Mengenal 2 Rumus Pekalian Excel



Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Ada hal menarik yang sering OM BT temui. Apa itu? ternyata masih banyak juga yang belum paham dengan beberapa fungsi/rumus/formula sederhana pada aplikasi Microsoft Excel, seperti perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan. Oleh karena itu, hari ini OM BT sengaja mengangkat satu postingan khusus yakni Mengenal 2 Rumus Perkalian Excel.

Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel secara expert memang butuh waktu untuk mengupas tuntas fitur, rumus atau formula yang menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi ini untuk memudahkan perkejaan kita. Namun, terkhusus untuk Rumus Perkalian Excel hal tersebut sangatlah mudah.

Ada beberapa Rumus Perkalian Excel diantaranya :

1. Perkalian Dua Sel yang Berbeda 

Ini merupakan formula perkalian sel yang paling sederhana. Klik pada sel yang Anda inginkan sebagai lokasi hasil perkalian. Sebagai contoh, Om BT mengalikan SEL KETIGA (A3) dengan SEL KEEMPAT (A4). 


Formula yang digunakan adalah:

=A3*A4 

yang masing-masing memiliki nilai A3 = 3 dan A4 = 7

Sel yang berisi Rumus Perkalian Exel akan menunjukkan angka 21.

Hasil perkalian akan diperbarui secara otomatis apabila Anda mengubah angka di sel yang direferensikan. Sebagai contoh, apabila A4 diganti menjadi 10, hasil perkalian akan menjadi 30 dan seterusnya.

2. Mengalikan Rentang Sel yang Dipilih

Anda dapat mengalikan rentang sel yang dipilih dengan menggunakan formula PRODUCT. Klik pada sel yang akan menunjukkan hasil perkalian. Mulailah formula PRODUCT dengan mengetikkan:

=PRODUCT(


Blok sel yang akan dikalikan. Setelah memulai formula, anda dapat menentukan rentang sel dengan menarik sebuah kotak menggunakan tetikus, atau dengan mengetikkannya secara manual. Masukkan sel pertama dan sel terakhir, dipisahkan dengan sebuah ":"

Sebagai contoh (lihat gambar di atas):

=PRODUCT(A2:A5)

Beberapa sel yang masing-masing memiliki nilai sel A2=4, A3=3 A4=7, A5=2

Sehingga, sel yang berisi formula tersebut di atas akan menunjukkan angka 168.

Demikianlah postingan Om BT terkait Menggenal 2 Rumus Pekalian Excel. Semoga Bermanfaat! [BT]

NOTE :


*Setiap FUNGSI/RUMUS/FORMULA pada Microsoft Exel mutlak menggunakan tanda '=' (Sama Dengan)

Belum ada Komentar untuk "Mengenal 2 Rumus Pekalian Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...